new.png

Tentang Pengadilan

page

Tentang Pengadilan

Berisi tentang Visi & Misi, Profil Pengadilan, Role Model & Agen Perubahan, Profil Pegawai & Hakim, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Sistem Pengelolaan Pengadilan, Prosedur Berperkara, Layanan Bagi Penyandang Disabilitas, Serta Tata Tertib Persidangan

Survei

Standar Pelayanan

E-Court

Direktori Putusan

Info Perkara

Laporan Kinerja

Sejarah Pengadilan Negeri Pangkalan Balai

Pengadilan Negeri Pangkalan Balai yang terletak di Jl. H.M Asyik Km 16 Kelurahan Sukajadi Kecamatan Talang Kelapa, dengan wilayah hukum meliputi 19 Kecamatan dahulunya adalah bagian dari Pengadilan Negeri Sekayu, berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2016, yang ditandatangani pada tanggal 26 April 2016, Kabupaten Banyuasin resmi mempunyai pengadilan negeri tersendiri yaitu Pengadilan Negeri Pangkalan Balai.

Pengadilan Negeri Pangkalan Balai bersama sama dengan 84 satuan kerja dibawah Mahkamah Agung secara simbolis di resmikan oleh YM Bapak KMA Muhammad Hatta Ali pada tanggal 22 Oktober 2018 bertempat di Melonguane Kabupaten Talaud Sulawesi Utara.

Pengisian personil Pengadilan Negeri Pangkalan Balai berdasarkan Hasil Rapat Promosi/Mutasi Hakim, Kepaniteraan dan Kesekretariatan pada tanggal 25 September 2018, untuk Ketua Pengadilan Negeri Pangkalan Balai dan wakil diduduki oleh Bapak Yudi Noviandri, S.H., M.H sebagai Ketua Pengadilan Pangkalan Balai dan Ibu Silvi Ariani, S.H sebagai wakil Ketua.

Operasional Pengadilan Negeri Pangkalan Balai sampai saat ini masih mempergunakan gedung tempat bersidang yang sebelumnya merupakan tempat sidang Pengadilan Negeri Sekayu yang berlokasi di Sukajadi, Kabupaten Banyuasin.

Gedung tempat bersidang yang berlokasi di Sukajadi tersebut memiliki luas 540 M2 yang mana apabila mengacu kepada prototipe gedung pengadilan tingkat pertama, maka bentuk dan luas gedung kantor Pengadilan Negeri Pangkalan Balai sangat kurang memenuhi persyaratan.

Dengan terbentuknya Pengadilan Negeri Pangkalan Balai diharapkan dapat memenuhi harapan para pencari keadilan di wilayah hukum Kabupaten Banyuasin walaupun dengan sarana dan prasarana yang sangat minim, dibawah kepemimpinan Ketua Pengadilan Negeri Pangkalan Balai Yudi Noviandri, SH.,MH. tetap berkomitmen untuk mewujudkan Pengadilan Negeri yang agung.